Selasa, 21 Mei 2013

7 Makanan pembentuk otot


Apakah Anda berusaha keras membentuk otot dengan mengonsumsi suplemen? Mulai sekarang, sebaiknya lakukan secara alami dengan menikmati makanan pembentuk otot seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Tuna
Tuna adalah sumber protein yang baik. Lemaknya sedikit, namun kaya akan vitamin D, kalsium, dan zat besi. Selain itu, tuna mengandung asam lemak omega-3 yang menyehatkan sistem kardiovaskular.

Brokoli
Berpindah ke sayuran, nikmati brokoli yang kaya protein. Sayuran berdaun hijau ini juga memiliki banyak vitamin, seperti A, C, E, K, B1, B2, B3, dan B12. Vitamin C berfungsi untuk menguatkan imun, vitamin E baik bagi pertumbuhan otot, dan vitamin K memperkuat tulang.

Telur
Adalah rahasia umum bahwa telur termasuk sebagai makanan berprotein tinggi. Sementara bagian kuningnya mengandung vitamin A, D, dan E. Namun jika ingin fokus membentuk tulang, cukup nikmati putih telur yang kadar kolesterol dan lemaknya cenderung lebih sedikit.

Yogurt
Jangan menikmati yogurt dengan rasa jika ingin membentuk otot. Sebaiknya pilih yang tawar karena kandungan protein dan nutrisi lainnya di dalamnya lebih maksimal didapatkan. Yogurt juga mengandung vitamin B6 yang mendukung metabolisme.

Kacang arab
Kacang arab atau chickpea merupakan sumber pembentuk otot bagi vegetarian. Pasalnya kacang arab kaya akan protein namun rendah lemak. Kacang arab juga mengandung serat tinggi yang melancarkan pencernaan dan meregulasi kadar gula darah.

Susu
Karena kaya akan vitamin, mineral, dan protein, susu pun termasuk sebagai minuman pembentuk otot yang baik. Penelitian juga membuktikan kalau minum susu setelah berolahraga mampu mempercepat pemulihan dan perkembangan otot.

Dada ayam
Bagian daging dada ayam tanpa kulit merupakan sumber protein yang baik. Bagian tersebut disarankan untuk dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang daripada digoreng. Sebab kandungan nutrisi di dalamnya bisa tetap utuh dan tidak ada campuran minyak yang terlalu banyak.

Itulah beberapa makanan yang mampu membentuk otot. Jangan lupa untuk berolahraga secara teratur untuk memaksimalkan proses tubuh dalam membentuk otot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar