Senin, 27 Mei 2013

Alasan Mengapa Negara Thailand Tidak Pernah Dijajah


Alasan Kenapa Thailand Tidak Pernah Dijajah. Banyak orang yang bertanya-tanya ketika mempelajari Sejarah Thailand. Pertanyaan yang sudah tidak asing tersebut adalah "Mengapa Negara Thailand Tidak Pernah Dijajah?"

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang pernah mendapat pertanyaan tersebut dan/atau bahkan Anda yang justru bertanya kepada orang lain "Kenapa Thailand Tidak Pernah Dijajah oleh Negara Lain?"

Nahâ?¦. dari pertanyaan itulah, dengan artikel ini, Dunia Baca dot Com bermaksud sedikit memberikan jawaban dan alasan mengapa Thailand tidak pernah dijajah oleh negara lain.
Pesan Sponsor

Sebagaimana dikutip dari laman AnneAhira, setidaknya ada dua alasan mengapa negara Thailand tetap merdeka atau alasan Thailand tidak pernah dijajah oleh negara lain.

Pertama; Pada masa itu atau abad ke-19, Negara Thailand memiliki sistem suksesi yang mantap.

Kedua; Negara Thailand mampu mengeksploitasi persaingan dan ketegangan antara Indocina Prancis dan Kerajaan Inggris.

Alhasil, Thailand menjadi negara buffer diantara berbagai negara-negara lainnya di Asia Tenggara yang dijajah dua kekuatan Inggris dan Prancis.

Meskipun begitu, akibat berbagai kesepakatan menjelang akhir abad ke-19, lama kelamaan wilayah kekuasaan Thailand digerogoti juga. Sisi Timur Mekong jatuh ke tangan Perancis, sedangkan Shan (sekarang Burma) dan Semenanjung Malaya jatuh ke tangan Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar