Selasa, 21 Mei 2013

5 Akibat Keseringan Ngupil, Waspadalah!


Mengupil merupakan kegiatan untuk membersihkan kotoran atau benda asing yang ada di hidung. Upil yang ada di hidung sebenarnya terbentuk dari lendir yang mengering. Membran mukosa di rongga hidung akan terus menerus menghasilkan lendir basah yang berfungsi menghilangkan debu dan benda-benda asing lainnya yang masuk ke hidung. Lendir yang mengering ini akan menyebabkan sensasi iritasi yang kadang menimbulkan rasa gatal dan memicu orang untuk mengupil.

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang harus mengupil, antara lain:
karena sedang bengong atau memikirkan sesuatu, untuk menghilangkan sekresi hidung ketika sedang pilek, untuk menghilangkan rasa gatal dan karena terkena gangguan obsesif-kompulsif yang ditandai sering mengupil atau disebut dengan rhinotillexomania. Orang yang terkena gangguan ini akan mengupil untuk meringankan perasaan-perasaan negatif yang mengganggu pikirannya, karenanya seringkali ia mengupil di depan umum dan tidak melihat kondisi di sekitarnya. Orang dengan gangguan ini membutuhkan bantuan medis atau psikolog.

Mengupil memang bermanfaat, untuk membersihkan kotoran yang ada di hidung, terutama saat sedang piliek. Namun terlalu sering mengupil juga dapat menyebabkan hidung menjadi kering yang dapat memicu perdarahan.

Berikut 5 akibat yang timbul karena sering mengupil:

1. Mudah terkena flu. Memasukkan jari-jari yang terkontaminasi virus ke dalam hidung dapat menyebabkan seseorang terkena flu yang disebabkan oleh diri sendiri. Dalam beberapa hari ke depan, orang tersebut bisa saja mengalami flu, tenggorokan gatal dan serangan bersin-bersin.

2. Mimisan
Jika terlalu sering mengupil atau mengupil dengan keras dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan di hidung yang berfungsi melindungi tubuh dari bakteri dan benda-benda asing di udara, sehingga memicu terjadinya mimisan.

3. Merontokkan rambut hidung. Rambut di hidung berfungsi untuk menyaring debu dan polutan di udara. Jika rambut hidung berkurang maka akan membuka jalan bagi semua jenis penyakit dan infeksi masuk ke dalam tubuh.

4. Infeksi
Selain infeksi virus flu, terlalu sering mengupil juga bisa menyebabkan kuman & bakteri mudah masuk ke hidung dan menyebar ke bagian tubuh lain.

5. Bisa meninggal
Kondisi ini bisa terjadi jika seseorang berusaha mengeluarkan upil yang besar. Karena di dalam hidung ada tulang yang disebut tulang ethmoid, tulang ini memisahkan hidung dari otak. Jika saat mengupil seseorang menusuk tulang ini, maka cairan di otak bisa bocor yang menyebabkan meningitis.

1 komentar: